Pages

June 29, 2010

Architecture Wannabe ??

Shake it !!

seventh, isn't it ??

well, jangan salah sangka sama postingan kali ne.
bukan bermaksud sok profesional atau pamer bakat !!
hhahaha..
gue sama sekali bukan seorang profesional di bidang arsitektur, design grafis, 3D, 2D atau yang lain-lain.
tapi gue bener-bener tertarik sama software nya.
hhahaha..
ne gara-gara keisengan gue download free architecture software dari google.
yep, Google SketchUp 7. (kalo mo nyoba download juga, silahkan klik di sini
yang sodaraan sama Google SketchUp Pro 7.


selain Google SketchUp 7 dan Google SketchUp Pro 7, tentunya masih banyak lagi software arsitektur yang bahkan jauh lebih bagus dari produk Google.
Tapi tentunya gak free alias berbayar.
Contohnya aja ne, Chief Architec yang berkantor pusat di Coeur d’Alene, Idaho.
kita bakalan ngebahas Chief Architec, namun sebelumnya kita kenalan dulu sama produk-produknya Google.

Google SketchUp 7 dibandingin dengan sodaranya jelas berbeda 'lumayan' jauh.
Ibaratnya Microsoft Office 2003 dengan Microsoft Office 2007.
Grafis yang ditampilin oleh Google SketchUp Pro 7 lebih bagus dari sodaranya dan banyak fitur tambahan di Google SketchUp Pro yang gak ada di sodaranya.
Misalnya : Email technical support; Add information and custom behaviors to your 3D models; Generate reports (xml, csv) of model entities and attributes; Export 3D models: 3DS, DWG, DXF, FBX, OBJ, VRML, XSI,; Import 2D and 3D CAD files: DWG, DXF; Create custom edge treatments for Styles; High-quality printing including vector, raster and hybrid rendering modes; dan masih banyak fitur yang lain terutama di Documentation and Presentation-nya.
Dan kita cuma bisa nyicip trialnya aja dari Google SketchUp Pro 7 ini.
Seperti sketchup2india bilang (comment): "SketchUp adalah sebuah program pemodelan 3D yang membuat penciptaan 3D furnitur jadi mudah. SketchUp dapat membuat grafis kompleks dari diagram garis dasar atau foto. Ini adalah alat yang sangat baik untuk membuat sketsa awal rencana furnitur dan lantai anda. Hal ini memungkinkan anda untuk visualisasi rumah atau kantor anda yang akan terlihat seperti telah selesai. Dengan SketchUp Anda memiliki kemampuan untuk bereksperimen dan menciptakan variasi dalam waktu singkat. Anda dapat memindahkan perabotan, mengubah warna kayu, tambahkan meja atau apa pun yang Anda inginkan."

Langsung ke Chief Architec.
Meskipun Chief Architec adalah software berbayar, namun seperti produk software yang dipromosikan, software ini juga ada trial versionnya. ( klik di sini)


Setelah melihat video tutorialnya, gue cuma punya satu kata buat software ini - Wow !! -.
Pendetailan yang sangat dari sebuah software arsitektur.
Contohnya, ketika kita coba untuk membuat sebuah dinding dengan cara drag mousenya, secara otomatis dinding akan terdiri dari beberapa lapisan pembentuk dinding itu sendiri. Kita dapat mengganti material dasarnya, warna, jenis dan lain sebagainya.
Kemudian kita dapat memvisualisasikannya ke 3D. Simple, easy but very accurate.
Contoh lainnya adalah ketika kita ingin membuat jendela. Kita tinggal mengklik icon window dan mendragnya di dinding yang kita buat tadi sesuai ukuran yang kita inginkan.
Lalu kita dapat men-set jendela kita itu sama seperti membuat dinding tadi. Ada banyak option dalam window specification ini seperti jenis/tipe jendela, material yang digunakan, ukuran dan masih banyak lagi. Dan semua itu dapat dinikmati dalam 2D maupun 3D.
Klik di sini untuk melihat video tutorialnya !!

Situs tentang pameran karya-karya arsitek : http://www.archiexpo.com/

sumber : berbagai sumber. :)

0 komentar:

Post a Comment

Comment please !! :)